About Yayat

My photo
Bogor, West Java, Indonesia
Never Stop Exploring

Sunday, June 13, 2010

Sang Garuda masih ada


Elang Jawa yang seringkali diasosiasikan sebagai "Burung Garuda"ternyata masih bisa terlihat di habitat alaminya di Sisi Utara Gunung Salak, Jawa Barat. Sepuluh tahun lalu dikabarkan elang jenis ini dikabarkan menjelang punah, akibat berkurangnya habitat alaminya secara signifikan di Pulau Jawa dan tingginya angka perburuan illegalnya.

Sarang aktif elang jawa ini ditemukan pada ketinggian 1.200mdpl diatas pohon pasang (Quercus spp.) pada sebuah tebing dengan kemiringan 60% dan dekat sekali dengan anak sungai. Deskripsi ini merupakan typical sarang elang jawa di habitat gunung salak ini.
Dengan menggunakan Kamera Nikon D70s dan lensa Nikkor tele zoom AF 70-300mm saya abadikan gambar ini dengan Iso 400 karena kondisi mendung. Sang anak sedang tiduran didepan induknya setelah kenyang memakan mangsa yang dibawakan oleh sang induk. Sang induk akan terus memasok pakan bagi sang anak sampai sang anak siap untuk terbang dan berburu sendiri pada umur 3,5 bulan nanti.

Semoga "Sang Garuda" akan terus bertambah seiring dengan makin arfinya manusia menata habitat alami elang ini. Semoga

3 comments:

  1. saluuut ... 2 foto Elang Jawa itu memang top markotop!!!

    Ngomong2 itu yg tampak di foto induk jantan yaa? Soale kelihatan berbadan langsing

    ReplyDelete
  2. Thanks Oiek, mengenai induknya aku blm yakin jantan atau betina, perlu pengamatan lebih lama euy. Mudah2an sarang ini aman nggk ada yg ambil anaknya

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillaah masih bisa menyaksikan secara langsung elang jawa di habitat alaminya

    ReplyDelete